"JANJI atau BUKTI?" Sektor Kesehatan & Pendidikan di Yahukimo - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

"JANJI atau BUKTI?" Sektor Kesehatan & Pendidikan di Yahukimo

Gambar terkait
Agenda dan program kerja 5 tahun dari bapak kepala daerah/ bupati dan wakilnya, yaitu bapak Abok Busup, S.Th, M.A. dan bapak Yulianus Heluka, S.H. sebagai bupati dan wakil bupati di Kabupaten Yahukimo (2015 -2020)
Hasil gambar untuk Abok Busup, S.Th, M.A. dan bapak Yulianus Heluka
SEKTOR KESEHATAN
1. Membenahi fasilitas atau sarana & prasarana kesehatan (gedung maupun alat-alat medis) di tingkat Kabupaten, Distrik dan Kampung.
2. Menaruh perhatian serius terhadap penempatan tenaga medis sesuai kebutuhan pada masing-masing Distrik, terutama tenaga dokter, mantri dan suster.
3. Dinaikkan tunjangan bagi tenaga medis di lapangan.
4. Puskesmas Anggruk Effata yang kini diturunkan, dikembalikan statusnya sebagai rumah sakit Effata sebagaimana awalnya dibangun dan dapat dioperasikan dengan baik oleh para misionaris perintis.
5. Penegasan khusus buat semua petugas medis lapangan ( seperti dokter, kepala pustu, mantri, suster dan petugas kesehatan lainnya) untuk terus menetap disana. Hanya keluar ke DEKAI, sewaktu-waktu bila ada urusan DINAS atau HAL MENDESAK lainnya.
6. PEMBERIAN TUNAI KEPADA ANAK-ANAK YANG GIZI BURUK/KURANG GIZI dan IBU HAMIL
7. Penanganan penyakit HIV/AIDS secara serius oleh DINAS KESEHATAN & KPA maupun kerja sama LSM.
Hasil gambar untuk Abok Busup, S.Th, M.A. dan bapak Yulianus Heluka
SEKTOR PENDIDIKAN
1. Penyediaan beasiswa bagi mahasiswa akhir studi asli Yahukimo di seluruh Indonesia dan yang disekolahkan di luar negeri.
2. Dilakukan pembenahan kembali pendidikan formal yang ada di seluruh Yahukimo. Dimulai dari PAUD s/d Perguruan Tinggi yang ada.
3. Perhatian serius juga terhadap pendidikan non formal. Terutama pelatihan bagi guru-guru, tenaga medis dan pegawai negeri sipil. Tetapi juga pelatihan bagi pemuda dan masyarakat umum seperti perbengkelan, kursus pendidikan asing, kursus komputer dan lain-lain.
4. PENDIDIKAN BERPOLA ASRAMA SATU ATAP: SD, SMP, SMU/SMA/SMK dan sederajad.
5. Sekolahkan khusus penerbangan dan kedokteran anak asli Yahukimo ke luar negeri menjadi PRIORITAS. Tetapi bidang pendidikan lainnya, bila penguasaan bahasa asing (Inggris terutama) sudah baik.
6. Mendukung upaya peningkatan pendidikan Yahukimo melalui kerjasama pihak perguruan tinggi bermutu seperti UNCEN Jayapura dan UNIPA Manokwari maupun yang di luar Papua dengan seleksi ketat mutu pendidikan dan syarat2 nya.
7. Mengaktifkan KEMBALI GURU-GURU yang terus berputar-putar di kota dengan memperhatikan kesejahteraan, tunjangan dan fasilitas di lapangan.
8. PEMBERANTASAN BUTA AKSARA di SELURUH YAHUKIMO....
(ABOK BUSUP dan YULIANUS HELUKA, Benal Publishing House, halaman 7-9)
Apakah program-program ini sudah dijalankan sepenuhnya? atau berapa persen yang sudah dijalankan? kita fokuskan di sektor pendidikan dan kesehatan, untuk janji politik yang dilakukan oleh bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Yahukimo, harus ditepati.

Sumber : Facebook ‎Andru Allyend Bahabol

Tidak ada komentar: