Kesehatan-Kopkedat Papua : Suku Korowai, Butuh Penanganan Kesehatan Yang Serius - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Kesehatan-Kopkedat Papua : Suku Korowai, Butuh Penanganan Kesehatan Yang Serius


Kehidupan Suku Korowai, (Foto: Soleman/KM) 

Jayapura - Banyak persoalan yang sedang menyilumuti rakyat kecil terutama bagi masyarakat pedalam. Salah satu persoalan yang mengkawatirkan adalah suku Korowai, kabupaten Yahukimo. Suku ini dikenal dengan suku yang cukup tertinggal dari kabupaten/kota yang ada di provinsi Papua. 

Banyak masalah yang terus mempengaruhi kualitas hidup masyarakat akibat banyak serangan penyakit yang kompleksitas.  Hal ini dibenarkan oleh ketua komunitas peduli kemanusiaan daerah terpecil (KOPKEDAT) Papua, Yan Akobiarek belum lama ini di Jayapura. 

“Kesehatan masyarakat semakin parah. Masyarakat sangat mebutuhkan tenaga medis baik perawat dan dokter untuk memutus mata rantai kesakitan masyarakat disana”, demikian ujar Yan di dakanat FISIP Uncen Jayapura, Jumat (2/12/2016). Dari pantauan tim KOPKEDAT selama satu tahun yang bekerja di Korowai, banyak mengalami persoalan masyarakat dengan mata kepala sendiri. 

Dimana masyarakat hidup dalam tebing berbahaya, jika penanganannya tidak ditangani secara dini maka beberapa tahun kedepan nasib masyarakat di daerah ini semakin diperparah.

Lebih lanjut, menurut Yan “banyak penyakit ada yang perut bengkak, kulitnya gatal-gatal, kaskado dan lain sebagainya”, ujarnya sambil mencucurkan air mata. 

“Kalau persoalan kesehatan ini tidak ditangani secara dini, maka secara tidak langsung mereka ini akan mati sia-sia tanpa ada penangan oleh pihak manapun”, lanjut Yan. Keadaan ini diperparah lagi dengan belum adanya pos kesehatan dan dana tenaga yang maksimal untuk melayani masyarakat. 

Selama ini suku Korowai menjadikan sebagai objek dengan kepentingan tertentu tanpa ada tindakan yang dapat membantu masyarakat. Kehidupan mereka tentu sudah diketahui oleh publik namun persoalan seperti kesehatan dan pendidikan sangat disayangkan.

Padahal mereka (suku Korowai juga memiliki hak hidup yang layak seperti kita yang tinggal di daerah perkotaan. Dengan demikian, Yan Meminta kepada semua pihak agar mebuka mata, telingga dan hati untuk membantu masyarakat suku Korowai yang tengah mengalami persoalan serius. 

“Kami sudah masuk di daerah ini dan sudah kerja dengan dasar cinta kasih dan kepedulian dalam komunitas KOPKEDAT Papua, bagi semua orang yang berkehendak baik dan memiliki keprihatinan boleh melihat dan menolong masyarakat Korowai. Kasih itu tiada batas, mari kita berbagi kasih bersama mereka yang sangat membutuhkan uluran tangan dari kita sekalian” ajak Yan juga selaku ketua KOPKEDAT Papua.  

Liputor: Soleman Itlay
Editor: Andy-Go

Tidak ada komentar: