Tak Ada Pertolongan Medis, Ibu di Merauke Meninggal Usai Melahirkan - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Tak Ada Pertolongan Medis, Ibu di Merauke Meninggal Usai Melahirkan

Hasil gambar untuk Tak Ada Pertolongan Medis, Ibu di Merauke Meninggal Usai Melahirkan
Foto Masyarakat Merauke
Seorang ibu bernama Frida Samkakai (38 tahun), warga Kampung Nasem, Kabupaten Merauke dikabarkan meninggal dunia beberapa jam setelah melahirkan pada Jumat (28/4) lalu.
Korban meninggal karena selama tujuh jam berjuang dalam proses persalinan tidak didampingi satu orang pun tenaga medis dan hanya ditemani keluarga yang tidak memiliki pengalaman dalam menangani persalinan.
“Sejak pagi hari dia sudah rasa mau melahirkan. Kami pergi ke Puskesmas Pembantu (Pustu) Nasem tapi tidak ada petugas sama sekali,” ungkap Amandus Samsakai, salah satu keluarga korban.
Melihat kondisi pustu yang terkunci dan tak ada petugas medis, keluarga berinisiatif agar persalinan dilakukan di rumah korban dengan bantuan beberapa anggota keluarga.
Awalnya proses ini berjalan lancar hingga akhirnya bayi yang dikandung lahir sekitar pukul 09.00 pagi. Namun setelah itu korban mengerang kesakitan dan membuat keluarga bingung.
“Ibu-ibu bersama suami korban yang membantu persalinan bingung mau minta tolong kemana. Petugas dan bidan pustu tidak ada di tempat,” katanya.
Korban yang terus menahan rasa sakit akhirnya meninggal pada pukul 15.00 sore hari dan membuat suasana bahagia keluarga berubah menjadi duka. Pihak keluarga berharap kejadian ini dapat menjadi perhatian serius dinas kesehatan di Kabupaten Merauke.

Jika tak segera ditanggapi dengan perbaikan pelayanan, bukan tidak mungkin akan ada korban-korban selanjutnya. “Apalagi sekarang ada sekitar delapan ibu hamil di Kampung Nasem, petugas seharusnya ada di tempat agar masyarakat bisa datang mengontrol dan periksa kesehatan.” tandasnya.

Tidak ada komentar: