Banyak Rumah Sakit di Jayapura Tidak Memiliki Stok Formalin - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Banyak Rumah Sakit di Jayapura Tidak Memiliki Stok Formalin

Related image 
Sejumlah Rumah sakit di Kota Jayapura diminta untuk lebih serius berbenah terlebih khusus dalam memberikan pelayanan yang baik bagi seluruh masyarakat di wilayah tersebut.
Hal ini utarakan Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) yang menyatakan terdapat sejumlah Rumah Sakit di Kota Jayapura yang kehabisan stok formalin dan tidak bisa memberikan pelayanan yang maksimal.
“Dari pengaduan yang kami terima dari salah satu keluarga pasien yang meninggal pada Jumat (27/1) di RS Dian Harapan, namun rumah sakit tidak bisa memberikan formalin kepada jenazah yang meninggal atas permintan keluarga,” kata Sekretaris Umum UP2KP, Alexander Krisifu kepada Antara, Minggu (29/1) kemarin.
Setelah mendapatkan pengaduan dari pihak keluarga korban tim UP2KP yang melakukan kroscek ke lapangan.
Dari hasil kroscek di lapangan menunjukan bahwa pasien atas nama Yeni Ento Kogoya (23 tahun) yang meninggal saat itu pada pukul 14.00 WIT di RS Dian Harapan dan keluarga meminta jenazah di formalin namun tidak bisa di formalin ternyata benar.
Ketika UP2KP melakukan koordinasi bersama pihak rumah sakit, ditemukan fakta ketersediaan formalin sudah nyaris habis dan pasokannya pun sangat terbatas.
“Kami berupaya untuk berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura, setelah koordinasi dengan mereka, ketersediaan formalinnya juga terbatas,” ujarnya.

“Jadi dari kasus ini, kita mengambil kesimpulan bahwa saat ini pasokan formalin di rumah sakit yang ada di Kota Jayapura habis, sehingga mereka sulit untuk membantu jenazah yang keluarganya minta untuk di formalin,” katanya.

Tidak ada komentar: