Cegah Malaria, Dinas Kesehatan Puncak Jaya Bagi Kelambu Gratis - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Cegah Malaria, Dinas Kesehatan Puncak Jaya Bagi Kelambu Gratis

 Hasil gambar untuk Cegah Malaria, Dinas Kesehatan Puncak Jaya Bagi Kelambu Gratis
Ilustrasi nyamuk DBD (foto: Istimewa) 



Tingginya angka penyakit DBD dan malaria di Kabupaten Puncak Jaya, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melakukan sosialisasi tentang bahaya kedua penyakit tersebut kepada masyarakat.
Sosialisasi yang dilakukan di Aula Kantor Distrik Mulia (16/6) ini juga diakhiri dengan pembagian kelambu gratis kepada masyarakat.
“Maksud dan tujuan diadakan distribusi kelambu ini adalah untuk menurunkan angka penderita penyakit malaria dan angka kematian akibat penyakit malaria, untuk melindungi sekurang-kurangnya 80% masyarakat dari penyakit malaria, mencegah terjadinya kejadian luar biasa malaria (KLB Malaria) di daerah-daerah yang rawan terserang penyakit malaria,” ujar Butinggen Telenggen, Kadinkes Puncak Jaya.
Target pembagian kelambu, menurut Butinggen adalah para ibu hamil, ibu dengan bayi dan ibu dengan balita yang tersebar di beberapa kampung di Puncak Jaya.
Ia juga menambahkan jenis kelambu yang dibagikan berjenis kelambu yang mengandung bahan aktif anti isektisida yang paling dibenci setiap serangga, termasuk nyamuk.
Puncak Jaya sendiri merupakan salah satu daerah di dataran pegunungan Papua dengan data penderita malaria terbanyak. Dimana dalam kurung dua tahun terakhir (2014-2015) total lebih dari 20 ribu kasus malaria terjadi disana.

Beberapa distrik di Puncak Jaya yang paling banyak penderita malaria antara lain Distrik Tingginambut, Distrik Ilu, Distrik Yigonikme, Distrik Mulia dan Distrik Mewoluk. Pendistribusian kelambu diharapkan turut menekan tingginya angka penyakit malaria.

Tidak ada komentar: