Dinas Kesehatan Papua Usulkan Harga Rokok Rp 50 Ribu per Batang - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Dinas Kesehatan Papua Usulkan Harga Rokok Rp 50 Ribu per Batang

Image result for Dinas Kesehatan Papua Usulkan Harga Rokok Rp 50 Ribu per Batang
Wacana kenaikan harga rokok diseluruh pelosok Indonesia mendapatkan berbagai macam pandangan pro dan juga kontra.
Salah satunya datang dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg Aloysius Giyai yang mendukung naiknya harga rokok demi menekan tingginya penderita penyakit TB dan paru-paru serta beberapa penyakit lainnya yang disebabkan oleh rokok.
Aloysius bahkan mengatakan dirinya akan lebih setuju jika harga rokok bukan Rp 50 ribu per bungkus melainkan per batang.
“Baiknya satu batang rokok Rp 50 ribu bukan satu bungkus berarti kalikan 12 batang kalau satu bungkus berarti Rp 600 ribu,” katanya dilansir Republika, Senin (5/9).
Dirinya juga membandingkan pendapatan negara dari pajak rokok dengan tingginya para penderita penyakit yang disebabkan oleh rokok itu sendiri.

“Pendapatan negara karena pajak rokok itu berapa, kemudian penyakit ISPA, penyakit penemoni, penyakit TB yang didapat karena rokok coba dua -dua dihitung dan disandingkan, kalau akhirnya pendapatan yang tinggi karena PAD terlalu jauh tinggi dibandingkan dengan pengeluaran biaya untuk penyakit akibat merokok lebih rendah ya tidak papa kita pertahankan,” katanya.

Tidak ada komentar: