Gizi Buruk Masih Banyak di Mamberamo, Otsus Ratusan Miliar Kemana? - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Gizi Buruk Masih Banyak di Mamberamo, Otsus Ratusan Miliar Kemana?

Image result for Gizi Buruk Mamberamo Raya
Anak-anak  di Kampung Anggreso-Kasonaweja Kabupaten Mamberamo Raya (foto: Indreni Waridjo) 

Meski pemerintah Provinsi Papua lewat Dinas Kesehatan terus menyuarakan akan secara serius memperhatikan kesehatan masyarakat Papua khususnya anak-anak di daerah pedalaman, kenyataan yang ditemukan di lapangan ternyata masih cukup memilukan.
Ada puluhan anak di Kampung Anggreso-Kasonaweja, Kabuaten Mamberamo Raya yang hingga berita ini diturunkan masih menderita gizi buruk atau dalam istilah medisnya Kekurangan Energi Protein (KEP) serta terjangkit penyakit parasit (cacing Askariasis) yang menyebabkan pembengkakan di bagian perut.
Informasi yang diterima media ini, kondisi anak-anak tersebut oleh petugas Penyuluh Kesehatan Masyarakat (PKM) disana sudah dilaporkan berkali-kali ke Dinas Kesehatan setempat, namun tak pernah ada tindak lanjut. Bahkan baru-baru ini salah seorang anak meninggal dunia karena gizi buruk ini.
Komitmen pemerintah untuk memperhatikan kesehatan masyarakat Papua memang sudah sering disampaikan, bahkan ada ratusan miliar dari alokasi 15 persen dana otsus tiap tahunnya yang diberikan untuk menunjang bidang kesehatan. Tapi dengan kondisi yang ditemui seperti demikian, apakah dana itu benar-benar sampai ke masyarakat?

Anak-anak di Mamberamo ini mungkin hanya potret kecil dari kondisi anak-anak Papua yang mengalami nasib serupa di kabupaten-kabupaten lain yang jauh dari Jayapura. Mereka belum mendapatkan pelayanan kesehatan yang ‘layak’ sebagaimana anak-anak seusia mereka pada umumnya.

Tidak ada komentar: