Awas, Daging Olahan Bisa Picu Kanker - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Awas, Daging Olahan Bisa Picu Kanker

http://www.gudanginfo.net/wp-content/uploads/2015/10/daging2Bolahan2Bsebabkan2Bkanker-1.jpg
Ilustrasi Daging Merah (Foto:Katalogkuliner) 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini mengumumkan bahwa daging yang telah di proses seperti Bacon, Sosis, Hot Dog dan Ham bisa menyebabkan kanker karena daging-daging olahan tersebut membawa zat Karsinogen yang bisa memicu penyakit kanker usus, sama seperti yang disebabkan oleh rokok.
WHO menmperkirakan bahwa 50 gram daging olahara yang dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker usus sebesar 18 persen
Pada tahun 2011 juga direkomendasikan kepada orang dewasa untuk tidak makan daging merah atau olahan lebih dari 70 gram setiap hari agar dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker lebih dini.
Dari hasil penelitian yang dilakukan juga mengatakan bahwa daging merah dapat menyebabkan kanker pangkreas dan prostat. Penemuan ini juga didasarkan pada lebih dari 800 penelitian dan sudah mendapatkan respon balik dari kelompok industi daging yang berpendapat daging adalah bagian dari diet seimbang dan penilaian daging dapat memicu kanker.

“Hasil penelitian ini tidak berarti Anda harus berhenti makan daging merah dan olahan. Tapi, jika dimakan sebanyak itu Anda mungkin berpikir untuk mulai menguranginya. Anda harus mencoba lauk lain seperti ikan untuk makan malam atau salad kacang merah untuk makan siang” kata Ahli Epidemiology Cancer Research UK, Prof Tim Key.

Tidak ada komentar: