Puncak Jaya ‘Harus’ Alokasikan Dana Kartu Papua Sehat - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Puncak Jaya ‘Harus’ Alokasikan Dana Kartu Papua Sehat

http://www.netralnews.com/foto/l/7708812644-kartu_papua_sehat_(tabloidjubi.com)
Kartu Papua Sehat (Foto:Elshinta) 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak Jaya didesak agar ‘segera’ mengalokasikan dana untuk pendistribusian Kartu Papua Sehat (KPS) di daerah tersebut, demikianlah yang dikatakan langsung oleh Esau Rumbiak, Ketua Harian Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) di Jayapura, Jumat (16/10/15).
“kami dari UP2KP menghimbau kepada pemda setempat bahwa ada sebagian Kartu Papua Sehat yang masih ada di Kantor Dinas Kesehatan di daerah itu yang belum terdistribusi. Kami harap ada alokasi dana untuk pendistribusian” kata Esau.
Imbauan dari UP2KP tersebut juga sudah disampaikan pada hari Kamis (151015) dan diharapkan agar pemda setempat menganggarakan dana pendsitribusian dari alokasi dana otsus 80 persen yang berasal dari pemerintah provinsi yang telah dikucurkan ke pemerintah Kota dan Kabupaten.
Menurut Esau, alokasi dana juga bisa berasal dari 20 persen alokasi dana untuk bidang Kesehatan.
“Kalau bisa itu dialokasikan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)” katanya.
Sangat penting menurut Esau pengalokasian dana tersebut agar pendistribusian Kartu Sehat Papua yang masih tersisa bisa dilaksanakan secepat mungkin.
“Artinya bahwa alokasi dana di daerah yang diperuntukan untuk Kesehatan diprogramkan untuk distibusi” katanya.
Selain akan digunakan sebagai dana pendistribusian, anggaran tersebut juga bisa dipakai untuk kegiatan sosialisasi bagi masyarakat yang belum mengetahui cara penggunaan Kartu Papua Sehat tersebut.
“Alokasi anggaran untuk sosialisasi ini sangat penting. Sosialisasi pertama harus dilingkup jajaran Dinkes Jayawijaya, jajaran rumah sakit, puskesmas baru bisa melibatkan semua komponen seperti tokoh masyarakat dan tokoh adat, sampai sejauh mana penerapan kartu sehat itu sendiri” tambah Esau.
Sosialisai memang penting karena hingga berita ini diturunkan, masih sekitar 60 persen masyarakat Papua yang mengerti cara penggunana Kartu Papua Sehat tersebut.

Bagikan

Tidak ada komentar: