Ikatan Bidan Wamena Ancam Tarik Pelayanan di Jayawijaya - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Kamis, 22 Maret 2018

Ikatan Bidan Wamena Ancam Tarik Pelayanan di Jayawijaya

Image result for Ikatan Bidan Wamena
(foto: shutterstock) 

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Wamena memberikan peringatan kepada Pemerintah Kabupaten Jayawijaya agar segera menuntaskan kasus percobaan pemerkosaan kepada salah satu bidan yang terjadi Selasa (10/5) pekan lalu di Wamena.
IBI mengancam akan menutup semua pelayanan kesehatan termasuk di dalamnya menarik bidan-bidan di seluruh Puskesmas maupun Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Jayawijaya. Ketua IBI Wamena Olphina Rumbekwan menegaskan hal ini akan dilakukan jika tak ada keseriusan pemerintah setempat menuntaskan kasus tersebut.
“Jika tidak ada komitmen, maka kita akan tutup semua pelayanan yang dilayani oleh semua bidan, baik di rumah sakit, di puskesmas maupun pustu, yang selama ini masih melayani,” ucap Olphina, Selasa (17/5/2016).
Selain itu, dirinya juga meminta kepada pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk membuat komitmen garansi keamanan bagi bidan-bidan yang bertugas agar tak lagi ada kasus serupa di kemudian hari.
“Karena mereka yang punya masyarakat, ada kesepakatan yang mereka buat supaya ada kekuatan untuk kami, sehingga ketika adik-adik bidan ini pergi bertugas mereka merasa aman,” paparnya.
Diberitakan sebelumnya, korban percobaan pemerkosaan atas nama Jesica Unmehopa (23) merupakan bidang di Pustu Arogolik, Puskesmas Kurulu, Wamena. Saat kejadian korban tengah berjalan kaki dari pustu pada sore hari.

Sumber: Antara Papua

Tidak ada komentar: