Papua, Provinsi Dengan Kasus Prevalensi Hipertensi Terendah di Indonesia - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Kamis, 22 Maret 2018

Papua, Provinsi Dengan Kasus Prevalensi Hipertensi Terendah di Indonesia

Related image 
ilustrasi 


Masalah Prevalensi Hipertensi atau tekanan darah tinggi hingga saat ini masih menjadi perhatian serius pemerintah pusat lewat Kementerian Kesehatan sebagai salah satu kasus yang perlu mendapatkan perhatian serius.
Namun, masyarakat Bumi Cenderawasih boleh berbangga diri karena saat ini hanya ada satu provinsi di Indonesia yang memiliki kasus Prevalensi Hipertensi atau tekanan darah tinggi terendah di Indonesia yaitu Provinsi Papua.
“Tidak ada satu pun propinsi yang hijau kecuali papua. Dari 34 hanya satu provinsi saja yang statusnya hijau,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr H. Mohamad Subuh, Senin (16/5/2016).
Subuh mengatakan bahwa saat ini Provinsi Papua berada di angka 16,8 persen untuk kasus tekanan darah tinggi atau yang terendah se-Indonesia.
Rapor hijau provinsi di bagian Indonesia Timur tersebut juga dikatakan Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular dr Lily Sulistyowati, sebagai salah satu dari minimnya penggunaan kadar garam dan minyak dalam setiap bumbu makanan yang digunakan oleh masyarakat Papua.

“Kalau menurut saya, tapi ini perlu diteliti lagi, mereka itu (masyarakat Papua) tidak terlalu banyak garam dan minyak. Mereka lebih apa adanya. Udang langsung bakar, ikan langsung bakar, daging langsung bakar, nggak pakai bumbu apa-apa lagi,” katanya dilansir detik.com

Tidak ada komentar: