Luar Biasa, Kabupaten Teluk Bintuni Kini ‘Hampir’ Bebas Malaria - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Luar Biasa, Kabupaten Teluk Bintuni Kini ‘Hampir’ Bebas Malaria

Image result for Luar Biasa, Kabupaten Teluk Bintuni Kini ‘Hampir’ Bebas Malaria
Ilustrasi 

Sempat menyandang ‘rapor merah’ sebagai salah satu Kabupaten dengan sumbangsih penderita malaria terbesar, kini berkat kerja keras dan usaha semua instansi terkait, Kabupaten Teluk Bintuni yang terletak di Provinsi Papua Barat dinyatakan ‘hampir’ terbebas dari penyakit malaria.
Statistik yang bagus dalam penurunan angka penderita penyakit malaria tersebut memang cukup membanggakan dan menurut Kepala Dinas Kesehatan Teluk Bintuni, Andreas Ciokan, MM, program pengendalian malaria di Kabupaten Teluk Bintuni dilaksanakan melalui strategi EDAT atau Early Diagnosis and (Prompt) Treatment.
“Kawasan Teluk Bintuni sebagian hanya bisa dilewati dengan ‘burung besi’ alias pesawat. Ini yang bikin sulit. Papua identik dengan malaria. Tapi kondisi-kondisi ini yang kita coba atasi,” ujar Andreas dilansir Detikcom, Rabu (20/4/2016).
Di Indonesia sendiri, provinsi Papua dan Papua Barat menjadi salah satu penyumbang kasus penyakit malaria yang telah merenggut banyak korban mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Kabupaten Teluk Bintuni sendiri mampu menurunkan angka kesakitan malaria dari 112 per 1.000 pada tahun 2009 menjadi 2,4 per 1.000 penduduk pada akhir tahun 2015.

Tidak ada komentar: