Miris, 37 Orang Meninggal di Lanny Jaya Karena Diare - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Miris, 37 Orang Meninggal di Lanny Jaya Karena Diare


Miris! Di Daerah Ini Setiap Dua Hari Ada yang Meninggal Karena Diare
Lanny Jaya (foto istimewa) 


Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya Christian Sohilait melaporkan sedikitnya ada 37 warga di distrik Awena yang meninggal dunia akibat terserang penyakit diare dan minimnya fasilitas kesehatan dalam penanganan.
Jumlah 37 orang yang meninggal ini, kata Sekda, merupakan total keseluruhan di sepanjang awal tahun ini terhitung sejak Januari 2017 hingga bulan April. Ia mengatakan hingga kini masih banyak masyarakat yang dirawat di RSUD Tiom akibat diare.
“Sejak Januari sampai April 37 orang meninggal di Distrik Awena karena diare. Semua ini karena minimnya kesadaran masyarakat dalam melakukan pola hidup sehat,” katanya, Rabu (26/04/2017) kemarin.
Ia mengaku selain pola hidup masyarakat yang tidak sehat, informasi yang dikirimkan para kepala kampung ke Tiom (ibukota Lanny Jaya) sangat lambat sehingga penanganan medis tak sempat menolong korban meninggal.
Lebih lanjut Christian mengungkapkan masyarakat di distrik Awena diduga kuat terserang penyakit diare lantaran kolam penampungan air yang biasa digunakan untuk mandi dan minum tercemar kotoran manusia dan ternak.
Mereka yang terkena diare meninggal dunia karena kehabisan cairan tubuh dan tidak mendapatkan pertolongan medis yang baik.
“Ada dua dokter yang sudah kami kirim kesana, mereka akan bertugas beberapa waktu ke depan untuk mengantisipasi jangan sampai ada lagi korban,” ujarnya.

Pemkab Lanny Jaya juga sudah mengirimkan permohonan bantuan kepada Pemprov Papua agar segera memberikan bantuan kesehatan berupa obat-obatan dan tenaga medis karena stok yang dimiliki sangat terbatas.

Tidak ada komentar: