Penyakit Kusta Hantam Ratusan Warga di Kabupaten Asmat - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Penyakit Kusta Hantam Ratusan Warga di Kabupaten Asmat

Image result for Penyakit Kusta Hantam Ratusan Warga di Kabupaten Asmat 
KLB Campak di Asmat 

Terhitung sejak hari Minggu (28/2/2016), terdapat 177 warga Mumugu, Kabupaten Asmat, terinfeksi penyakit kusta yang mana sebagian besar diakibatkan kurang bersihnya lingkungan sekitar.
Minimnya tenaga medis di Mumugu pun menjadi salah satu kendala sehingga penderita kusta terus bertambah.
“Penyakit kusta yang menjangkiti warga disebabkan berbagai faktor terutama tidak adanya tenaga medis sehingga begitu ada warga yang terinfeksi mereka tidak segera diobati,” kata, Dr.dr Ary Pongtiku, konsultan kusta untuk Papua dan Papua Barat via Antara, Minggu (28/2/2016).
Dokter Ary mengatakan, sejak tiga tahun terakhir pelayanan kesehatan sudah menjangkau dan melayani penduduk namun jumlah penderita kusta sudah semakin banyak. Jumlah penduduk Mumugu tercatat 350 jiwa sehingga hampir separuh penduduknya terinfeksi kusta.
Untuk penduduk yang sudah terinfeksi kusta, Dinas Kesehatan Asmat bekerja sama dengan pihak Gereja melakukan pengobatan menggunakan multi drug therapy (mdt), sedangkan kepada masyarakat umum diberi pengobatan chemoprofilaksis single dose dan pemberian imunisasi, jelas Dr Pongtiku.

Lebih lanjut dikatakan, banyaknya warga yang terinfeksi itu diduga akibat terjadinya kontak dengan penduduk luar yang berprofesi sebagai pencari gaharu. Meski demikian permasalahan utama terletak pada lingkungan sekitar yang kurang bersih.

Tidak ada komentar: