Sejak Desember 2015, 9 Orang Meninggal di Yahukimo Karena Malaria - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Sejak Desember 2015, 9 Orang Meninggal di Yahukimo Karena Malaria

Image result for Sejak Desember 2015, 9 Orang Meninggal di Yahukimo Karena Malaria (foto: shutterstock) 

Ketua Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) Regional Yahukimo, Jhon Ronsumbre menyebut penyakit malaria kini menjadi momok menakutkan untuk masyarakat di wilayah itu.
Ia mengatakan sedikitnya sembilan orang dilaporkan meninggal dunia sejak bulan Desember lalu akibat penyakit tersebut yang juga dipengaruhi buruknya pelayanan kesehatan.
“Mereka diduga meninggal karena pelayanan yang kurang efektif, mobile klinik yang tidak berjalan secara terus menerus kepada masyarakat, juga penutupan pelayanan kesehatan di rumah sakit dan Puskesmas,” katanya, Jumat (20/2) dikutip Merdeka.com.
Penutupan pelayanan yang dimaksud terjadi saat Januari kemarin ketika para perawat dan bidan melakukan aksi mogok kerja.
Mereka mogok lantaran 30 dokter yang bertugas di RSUD Yahukimo tidak berada di tempat. “Mantri dan suster juga sama, tidak ada yang mem-back up pelayanan di Puskesmas,” ujarnya.
Kini dirinya berharap Bupati terpilih Abock Busup dapat merealisasikan janji kampanyenya dengan lebih memprioritaskan pelayanan kesehatan di Yahukimo.
Selain itu hak-hak tenaga medis juga diminta agar selalu diperhatikan karena selama ini tunjangan yang diberikan belum memadai.

Honorer di RSUD Yahukimo hanya menerima gaji sebesar Rp. 1 juta dengan biaya tambahan Rp. 200 ribu.

Tidak ada komentar: