Tim Kesehatan Pantau Dampak Kabut Asap Di Mimika - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Tim Kesehatan Pantau Dampak Kabut Asap Di Mimika

Image result for Logo Kementerian Kesehatan
Logo Kementerian Kesehatan (Foto:Blogspot) 

Berlalunya kabut asap tidak serta-merta memberikan dampak yang baik bagi sebagian warga atau masyarakat yang terkena dampak kabut asap tersebut.
Masalah kesehatan menjadi fokus utama yang terus dipantau oleh Kementerian Kesehatan untuk terus memastikan tingkat Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) yang diakibatkan oleh bencana kabut asap.
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sendiri telah mengirim tim ke wilayah Mimika untuk memantau situasi setempat pasca badai bencana kabut asap yang menimpa beberapa Kabupaten di wilayah Selatan Provinsi Papua dan Papua Barat tersebut.
“Tadi tim dari Kemenkes baru ketemu saya tadi, karena diutus dari menteri untuk mengecek kasus akibat kabut asap dan ternyata tidak ada” kata Erens Meokbun, Kepala Dinas Kesehatan Mimika.
Erens juga mengatakan bahwa tim yang diutus oleh Menteri Kesehatan tersebut juga meminta beberapa data seperti pasien yang terkena dampak kabut asap dan juga mengecek langsung situasi kesehatan di daerah tersebut.
Tim dari Kemenkes juga meminta agar pada dokter yang bertugas di daerah tersebut untuk betu-betul membedakan kasus kronis yang disebabkan oleh kabut asap dan ISPA kronis yang selama ini ada.
“Dokter harus membedakan kasus ispa kronis akibat asap dan ispa kronis yang selama ini ada, supaya jangan sampai memberikan data yang kabur/tidak jelas” katanya.
Beliau juga menambahkan bahwa, jangan sampai warga ada yang dibingungkan alias berpikir bahwa penyakit ISPA disebabkan oleh kabut asap.

“ISPA karena kabut asap tidak ada dan sudah kami laporkan kepada tim dari kementerian Kesehatan yang diutus untuk memantau secara langsung kasus akibat kabut asap” ujar Erens.

Tidak ada komentar: