Miris, Ditemukan 13 Penderita Kusta di Oransbari - YOPEN TERO TABUNI S,Kep.Ns

Senin, 19 Maret 2018

Miris, Ditemukan 13 Penderita Kusta di Oransbari

Hasil gambar untuk Anak Papua di Manokwari
Anak Papua di Distrik Oransbari, Manokwari Selatan (foto Istimewa)

Wilayah Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan terdeteksi ada belasan penderita penyakit kusta baru yang ditemukan belum lama ini. Kondisi tersebut berhasil terungkap setelah Dinkes Papua Barat melakukan observasi ke wilayah itu.
Koordinator Pengelolah Program Kusta Puskesmas Oransbari, Sateus Demhi menjelaskan penyakit kusta bukan hal baru bagi masyarakat di Oransbari. Saat ini ada lebih dari 20 penderita kusta, hanya saja ke-13 orang yang ditemukan ini merupakan pasien baru.
“Yang 13 ini kita temukan saat melakukan observasi. Kalau yang lainnya memang sudah merupakan pasien yang sudah kami tangani sejak lama, ada yang sudah delapan bulan kami tangani dan sudah memasuki tahap pemulihan,” ujar Sateus, Senin (30/01/2017) kemarin.
Lebih jauh, Sateus mengatakan selama ini para pasien kusta di Oransbari hanya diketahui setelah dilakukan pemeriksaan di Puskesmas. Untuk itu, dengan adanya penemuan yang didapatkan saat observasi, selanjutnya seluruh wilayah Oransbari akan diperiksa agar dapat memastikan masyarakat lain ikut terkena kusta atau tidak.
Dalam penjelasannya, ke-13 pasien yang baru ditemukan ini tak hanya terdiri dari orang dewasa, namun ada juga anak-anak yang terkena penyakit menular tersebut. Semua pasien baru ini tengah dalam proses pengobatan.
“Pertama kita berikan sosialisasi di puskesmas, termasuk pemberian obat, minum pertama kami dampingi dan selanjutnya kami berikan obat untuk minum di rumah,” terangnya.

Sateus memastikan semua pasien kusta yang ada di Oransbari akan dikontrol secara berkala terutama dalam pemenuhan kebutuhan obat mereka. Ia menambahkan kasus kusta di distrik tersebut telah ada sejak tahun 2008 namun angkanya meningkat drastis belakangan ini.

Tidak ada komentar: